• Minggu, 24 September 2023

Polda Jateng Gerebek Home Industri Ekstasi Jaringan Internasional di Pedurungan Semarang, Ini Hasilnya

- Sabtu, 3 Juni 2023 | 18:28 WIB
Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abioso Seno Aji didampingi Dirresnarkoba Kombes Pol Lutfi Martadian dalam pers rilis ungkap kasus Clandestine Laboratory (pabrik ekstasi) jaringan internasional
Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abioso Seno Aji didampingi Dirresnarkoba Kombes Pol Lutfi Martadian dalam pers rilis ungkap kasus Clandestine Laboratory (pabrik ekstasi) jaringan internasional

Semarang, Jatim Hari Ini - Sebuah rumah yang menjadi home industri pembuatan ekstasi di Kota Semarang Jawa Tengah, digerebek petugas gabungan dari Bareskrim Polri dan Polda Jateng. 

Dua orang pelaku beserta barang bukti yang siap diedar serta bahan baku pembuatan Narkoba turut disita. Kedua pelaku diduga kuat terlibat jaringan peredaran Narkoba internasional.

Hal itu diungkapkan Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abioso Seno Aji didampingi Dirresnarkoba Kombes Pol Lutfi Martadian dalam pers rilis ungkap kasus Clandestine Laboratory (pabrik ekstasi) jaringan internasional di Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang beralamat di Jalan Kauman Barat 5 Nomor 10 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Jawa Tengah. Sabtu (2/6/2023).

Baca Juga: Prigi Beach Carnival Sembonyo 2023, Tradisi Labuh Laut di Trenggalek Sedot Wisatawan dan Ungkit Perekonomian

Kegiatan yang turut dihadiri Karo Ops Kombes Pol Basya Radyananda, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, dan pejabat Bea Cukai Kanwil Jateng-DIY Tri Utomo tersebut dilaksanakan secara daring bersama Bareskrim Polri yang turut menggelar kegiatan serupa di TKP yang masih berkaitan di Tangerang Banten.

“Pengungkapan ini bermula dari informasi yang diperoleh petugas Bea Cukai mengenai masuknya alat pencetak pil (dari luar negeri) dan bahan-bahan kimia yang dicurigai digunakan untuk produksi ekstasi,” tutur Wakapolda.

Berdasarkan informasi tersebut, petugas Bea Cukai kemudian berkoordinasi Bareskrim Polri, Polda Banten dan Polda Jateng untuk melakukan control delivery.  

Baca Juga: Databese Sampangkab.go.id Dibobol Hacker Milad, Ini Tanggapan Aktivis TIK Sampang

Hasilnya, pada hari Kamis (1/6/2023) petugas melakukan penggerebekan terhadap alamat rumah di Tangerang, Provinsi Banten serta Kota Semarang yang menjadi tujuan pengiriman barang-barang tersebut.

Penggerebekan di Tangerang dilakukan oleh Tim Gabungan Bareskrim Polri dan Polda Banten pada pukul 17.30 WIB di sebuah rumah beralamat  di Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Banten. 

Berselang dua jam kemudian, Tim Gabungan Bareskrim Polri dan Polda Jateng menggerebek sebuah rumah di Jalan Kauman Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Jawa Tengah.

“Di dalam rumah yang dipergunakan sebagai tempat produksi narkotika jenis ekstasi ini, petugas mendapati adanya aktivitas produksi obat-obatan terlarang yang dilakukan oleh para pelaku,” lanjutnya.

Baca Juga: Mr. DIY Pasuruan: Cabang ke-260, di Sini Lokasinya, Toko Perlengkapan Rumah Tangga hingga Sekolah

Adapun di TKP Tangerang, dua orang pelaku berinisial TH (39) dan N (27) diamankan petugas berikut barang bukti mesin cetak ekstasi serta bahan bakunya. Kedua laki-laki asal Bogor tersebut diamankan setelah kedapatan meracik dan memproduksi obat-obatan terlarang di TKP.

Halaman:

Editor: Teguh Eko Januari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekitar 3 Ribu Atlet Kendal Bertanding di Popda

Kamis, 16 Februari 2023 | 17:57 WIB

Polres Kendal Launching Program Bahurekso Spartan

Selasa, 14 Februari 2023 | 19:14 WIB
X