Kunci Sukses Penetrasi Konsumen dari Global Director PT Mayora Group Ricky Afrianto

- Jumat, 9 Juni 2023 | 11:14 WIB
Podcast JPP Talk Episode 3 antara Ricky Afrianto, Global Director PT Mayora Group dengan Bimo Aditya, Manager Marketing Promedia.
Podcast JPP Talk Episode 3 antara Ricky Afrianto, Global Director PT Mayora Group dengan Bimo Aditya, Manager Marketing Promedia.

Jakarta, Jatim Hari Ini - Global Director PT Mayora Group Ricky Afrianto menghadiri podcast bersama Jaringan Pemred Promedia (JPP).

Pada podcast ini, Ricky Afrianto langsung dipandu oleh Manager Marketing Promedia, Bimo Aditya.

Ricky Afrianto berbagi pengalamannya dalam mengembangkan Mayora Group sebagai brand FMCG Indonesia yang ‘go internasional’ serta kunci sukses dalam penetrasi konsumen.

Baca Juga: Bantu UMKM Naik Kelas, Promedia Akan Bangun Megaportal PLUT–KUMKM

Salah satu brand Mayora yang kerap kali lalu-lalang di kancah internasional, baik dari sisi brand maupun produk yakni permen kopi Kopiko.

Sudah beberapa kali produk tersebut tayang di beberapa episode film Korea hingga iklan di luar negeri.

Ini merupakan sebuah prestasi membanggakan mengingat produk ini berasal dari Indonesia.

Atas kerja kerasnya dalam mengembangkan Mayora Group menjadi salah satu FMCG Indonesia yang go Internasional, Ricky Afrianto mendapatkan anugerah SWA pada tahun 2019 silam, ia menempati urutan 13 dalam daftar 100 SWA.

Pria yang gemar bermain voli ini mengatakan setidaknya ada 3 key success factor untuk penetrasi konsumen dalam bidang marketing khususnya di Mayora Group yang juga bisa digunakan di lini bisnis lain guna menjadikan konsumen bukan pembeli pertama dan terakhir produk, yakni quality (kualitas), efficiency (efisiensi), dan innovation (inovasi).

Baca Juga: Erick Thohir dan Sandiaga Uno Jadi Saksi Peresmian Jaringan Pemred Promedia

Selain itu, Ricky juga menyebutkan bahwa sebenarnya kualitas perusahaan Indonesia tidak kalah bersaing dengan negara lain. Yang jadi permasalah utama menurutnya adalah persepsi saat perusahaan Indonesia masuk pasar luar negeri.

“Karena kita tadi sudah nyebutin quality, efficiency, dan innovation itu kan penting banget. Sebagai perusahaan Indonesia, kita ternyata kualitasnya ga kalah kok sama negara lain. Kebanyakan kita kalo masuk pasar luar negeri, kita merasa produk kita ini inferior. Nah itu sesuatu persepsi yang salah”, ujarnya.

Selain berbicara terkait key success factor guna penetrasi konsumen, Ricky juga bercerita bahwa konsumen tidak bisa dibohongi.

Menurutnya, jika key success factor dijalankan dengan baik namun konsumen merasa produk yang ditawarkan tidak sesuai maka ia tidak akan pernah kembali lagi menjadi pelanggan produk kita.

Halaman:

Editor: Fitroh Kurniadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X