Bahaya Dibalik Keindahan Balon Warna-warni, Bisa Sebabkan Kebakaran sampai Kerusakan Lingkungan

- Selasa, 21 Maret 2023 | 10:47 WIB
Foto : (@gulferpartidukkani)
Foto : (@gulferpartidukkani)

 

Jatim Hari Ini - Siapa yang tak suka dengan balon? Anak-anak bahkan terkadang orang dewasa pun menyukainya karena warna dan bentuk yang beragam dapat memikat siapapun yang melihat.

Hampir satu bulan yang lalu, tepatnya pada Minggu, (26/2/2023) sempat beredar video balon yang meledak di sebuah acara perayaan.

Diketahui, acara tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian BUMN Kawasan Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai, Sumatera Utara.

Balon yang diterbangkan itu tidak disangka mengarah ke sebuah tiang listrik, lalu meledak disertai adanya percikan api.

Memang, menerbangkan balon sebagai sebuah simbol dalam pembukaan sebuah acara adalah hal yang biasa dilakukan di Indonesia.

Sebagian orang mungkin belum mengetahui bahwa balon yang diisi oleh gas hidrogen atau gas karbit sangat berbahaya karena memiliki sifat yang mudah meledak dan terbakar.

Untuk menghindari adanya ledakkan, maka balon-balon tersebut harus diletakkan jauh dari benda-benda yang dapat memicu munculnya api dan memiliki energi panas.

Selain berbahaya karena berpotensi dapat menimbulkan ledakkan sampai kebakaran, balon-balon tersebut juga dapat mencemari lingkungan. Apalagi jika balon yang digunakan dalam jumlah besar.

Pernahkah kita semua berpikir kemanakah akhirnya balon-balon yang diterbangkan itu?

Tentu saja akan jatuh di suatu tempat yang kita tidak ketahui dan berakhir menjadi sampah. Bayangkan jika dalam sehari ada 10 acara yang di dalamnya ada kegiatan menerbangkan 100 balon. Berapa sampah balon yang telah dihasilkan?

Berikut adalah beberapa dampak negatif dari sampah balon terhadap lingkungan.

Membahayakan Satwa

Satwa liar akan menganggap sampah balon sebagai makanan karena warnanya yang mencolok.

Halaman:

Editor: Teguh Eko Januari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X