Jatim Hari Ini - Berikut ini artikel kiriman Ellsa Salsabila Putri Meidiana (Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Fakultas Bisnis, Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) tentang Sistem Administrasi Publik di Sidoarjo.
Strategi Pengembangan Struktur
Strategi pengembangan struktur ini bertujuan untuk memperjelas visi misi yang ada dari suatu organisasi melalui pendekatan dalam bentuk memperjelas tujuan yang ada dan membuat persiapan sebelum dijalankannya suatu program, memperjelas peran dan upaya pegawai serta memperjelas arah organisasi dengan perbaikan tujuan (Mentari, 2017).
Dalam hal tersebut, hasil penelitian yang akan penulis deskripsikan sesuai dengan fenomena yang ditemukan dan digabungkan dengan teori yang sudah ada. Strategi pengembangan struktur untuk meningkatkan pelayanan berbasisi program SiPraja Desa Sugihwaras berfokus pada adanya tujuan diimplementasikannya SiPraja dan adanya pengembangan/penyederhanaan sistem prosedur.
Sesuai dengan Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government merupakan suatu upayah untuk meningkatkan dan mengembangkan adanya penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik.
Baca Juga: 35 Mahasiswa Unej Dampingi Eks ODGJ Untuk Dilatih Keterampilan Mandiri
Adanya program SiPraja juga dinilai dapat mendongkrak pelayanan administrasi Kabupaten Sidoarjo untuk menjadikan kualitas pelayanan menjadi lebih baik dan lebih meningkat kedepannya.
Tujuan awal dari program SiPraja adalah untuk memangkas birokrasi sehingga masyarakat dapat melakukan pelayanan cukup dari rumah saja tidak harus datang ke kantor.
Program SiPraja ini juga sesuai dengan visi misi yang dimiliki Desa Sugihwaras yakni meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang prima yaitu cepat, tepat, dan benar. Sehingga Desa Sugihwaras mempunyai tujuan yang tepat untuk mengimplementasikan program SiPraja.
Selain untuk mobilitas masyarakat dalam pelayanan sehingga tidak perlu datang ke kantor, SiPraja juga dapat dijadikan evaluasi bagi perangkat desa Sugihwaras dalam penyaringan data yang masuk dan arsip data.
Dalam pelaksanaannya, penyesuaian sistem kerja yang ada di Desa Sugihwaras mencakup mekanisme kerja yang digunakan sebagai acuan dalam alur pelaksanaan tugas tersendri meliputi kedudukan, penugasan, pelaksanaan tugas, pengelola kinerja, dan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.
Perubahan struktur Perangkat yang ada di Desa Sugihwaras ini dapat menjadikan struktur Perangkat desa menggali perubahan yang lebih baik tanpa adanya perangkat desa yang menjalankan tugas keluar dari tugas pokok dan fungsinya.
Artikel Terkait
Inovasi Kabupaten Sidoarjo Menuju Smart City: Aplikasi SIPRAJA Mempermudah Masyarakat
Diduga Cemburu, Suami di Jabon Sidoarjo Aniaya Pria yang Keluar Bersama Istri
Sidoarjo Ekspor Produk UMKM ke Malaysia, Ini Selanjutnya