Marak Aksi Pembobol Kotak Amal, Ini Imbauan Lurah Kepuharjo Lumajang

- Jumat, 20 Januari 2023 | 20:49 WIB
Lurah Kepuharjo
Lurah Kepuharjo

Lumajang, Jatim Hari Ini - Lurah Kepuharjo, Joko Setiyo, S.Kom, MM mengaku prihatin dengan maraknya aksi pencurian uang kotak amal di musholla atau masjid yang terus menghantui masyarakat di Kabupaten Lumajang.

"Saya imbau agar warga lebih berhati-hati dan waspada atas aksi pencurian kotak amal, apalagi dengan modus-modus meminta bantuan sumbangan untuk pembangunan masjid atau pondok pesantren," ucapnya kepada jatimhariini.co.id, Jum'at (20/1/2023).

Ia berharap agar masyarakat, terutama yang menjadi tamir di masjid atau musholla untuk meletakkan kotak amal  ke tempat lebih aman yakni di dalam musholla.

"Kejadian aksi pencurian kotak amal kemarin di wilayah Kepuharjo bisa menjadi pembelajaraan, karena pada waktu itu kotak amal tersebut diletakan di luar musholla meskipun nominalnya tidak begitu besar," jelasnya.

Joko Setiyo menyarankan kepada masyarakat untuk waspada terhadap mereka peminta sumbangan terkait legalitasnya, semisal alamat dan kebutuhan dengan pembangunan tempat yang ingin dibangun seperti pondok pesantren, masjid, dan lain-lainya.

"Bahkan, kalau bisa jangan mudah percaya untuk mempersilahkan ataupun masuk kerumah. Sebab, itu adalah salah satu operandi pelaku untuk melakukan pencurian kotak amal di musholla atau masjid," ujarnya.

"Terakhir, bagi masyarakat, terutama di Kepuharjo diharapkan teramat sangat bahwa ketika ada komplotan atau pencuri apapun itu jangan main hakim sendiri, dikarenakan di dalam aturan tidak diperbolehkan. Nantinya, akan berimbas ke masyarakat tersebut sehingga terkena proses hukum. Lebih baik diserahkan ke pihak kepolisian," pungkasnya.

Sebelumnya, telah terjadi pembobolan kotak amal mushala di Mushala Baitur Rahman Kelurahan Kepuharjo, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Rabu (18/1/2022).

Dalam aksi pencurian tersebut pelaku berhasil di tangkap yang merupakan seorang pria asal Madura. ***

Halaman:

Editor: Teguh Eko Januari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Carok, Dua Warga Desa Tegalrandu Lumajang Kritis

Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:34 WIB
X