Lukisan Tanpa Kuas Karya Pelajar SMA Negeri 3 Lumajang Ditawar Mahal

- Senin, 16 Januari 2023 | 21:58 WIB

 

Lumajang, Jatim Hari Ini - Baru beberapa hari dipamerkan, lukisan karya pelajar SMA Negeri 3 Lumajang banyak diminati pengunjung. Bahkan beberapa diantaranya sudah banyak yang mendapat penawaran dari calon pembeli.

Dari sekitar 173 lukisan yang dipamerkan di ruang galeri Perpustakaan Mula Malurung, 10 karya diantaranya sudah mendapatkan penawaran.

Gita Dwi Oktavyandi selaku Sie Stand menyampaikan, beberapa lukisan yang dipajang memang sudah ada penawarnya. Namun ada 3 buah lukisan yang mendapat penawaran beberapa kali.

Meski sudah ada yang menawar dengan harga tertentu, lukisan itu baru dijual setelah pameran  berakhir. Sementara yang belum mendapat penawaran, akan dikembalikan kepada perupanya.

Gita mengungkapkan, lukisan tersebut ditawar dengan harga bervariasi. Mulai dari harga kisaran 200 ribu hingga 1 juta. Nantinya lukisan itu dijual apa tidak, tergantung masing-masing perupanya.

"Jika ada penawar, nanti kita sambungkan ke perupanya. Soal ada kesepakatan apa tidak, itu tergantung masing-masing," ucap Gita kepada jatimhariini.co.id, Senin (16/1/2023).

Menurutnya, lukisan yang paling banyak mendapat penawaran yaitu, lukisan gradasi warna. Yang mana lukisan itu dibuat tanpa menggunakan kuas sama sekali.

Perupa memanfaatkan jari tangannya untuk membentuk lukisan yang presisi dengan perpaduan gradasi warna yang pas.

Kemudian ada lukisan wajah dengan 2 topeng dan lukisan yang menggambarkan 3 dalam mengekspresikan diri.

"Paling banyak pakai cat akrilik, ada juga yang pakai media pasir, kapas dan lain-lain," jelasnya.

Ratusan lukisan yang dipajang itu, kesemuanya diangkat dari puisi, lagu maupun dongeng. Sesuai tema yang ditentukan oleh gurunya.

"Pengalaman jaga pameran ya masih sering bingung menjelaskan ke pengunjung, karena ini kan yang pertama kali. Kalau di sekolah, rutin digelar tiap tahun. Semua yang dipajang ini dari kelas XII," pungkas Gita dari kelas Mipa.

Dari pantauan jatimhariini.co.id, jumlah pengunjung pameran seni rupa itu berkisar hingga 200 orang per hari. Artinya, antusias masyarakat untuk melihat pameran seni rupa cukup tinggi. ***

Halaman:

Editor: Fitroh Kurniadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X