Ratusan Kades di Kabupaten Kediri Ikut Geruduk Jakarta, Tuntut Jabatan Kepala Desa Diperpanjang

- Senin, 16 Januari 2023 | 18:13 WIB
Ratusan kades kumpul di convention hall SLG Kediri sebelum berangkat ke Jakarta.
Ratusan kades kumpul di convention hall SLG Kediri sebelum berangkat ke Jakarta.

Kediri, Jatim Hari Ini - Ratusan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Kediri berbondong-bondong berkumpul di convention hall Simpang Lima Gumul (SLG) untuk berangkat ke Jakarta bergabung dengan kepala desa lainnya dari seluruh penjuru Indonesia.

Kedatangan mereka ke Jakarta untuk menggelar unjuk rasa di gedung DPR RI, Selasa (17/1/2023) besok, dengan tuntutan mendesak agar DPR RI bersedia merevisi Undang-Undang Desa nomor 6 tahun 2014, khususnya pasal 39 ayat 1 tentang masa jabatan kepala desa

Ratusan kepala desa tersebut berangkat dari convention hall SLG menggunakan armada bus.

“Tidak hanya kepala desa yang dari Kabupaten Kediri, melainkan seluruh kepala desa se-Indonesia akan datang di gedung DPR RI," kata Imam Jami'in, Ketua Paguyuban Kepala Desa (PKD) Kabupaten Kediri, sebelum berangkat, Senin (16/1/2023).

Imam Jami'in mengaku bahwa keberangkatan kades se-Kabupaten Kediri menuju Gedung DPR RI ini sudah mendapat doa restu dari Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

"Alhamdulillah, kita dapat restu dan izin dari Mas Bup (sapaan akrab Bupati Kediri, red) berangkat ke Jakarta," ucap pria yang menjabat sebagai Kades Kalirong, Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.

Imam menegaskan bahwa tuntutan yang dilayangkan kepada DPR RI adalah agar bersedia merevisi Undang-Undang Desa nomor 6 tahun 2014, khususnya pasal 39 ayat 1 tentang masa jabatan kepala desa.

"Yang sebelumnya masa jabatan kades 6 tahun, tuntutan kami menjadi 9 tahun," tandasnya.

Imam menambahkan, bahwa masa jabatan kades 1 periode 6 tahun ini sangat tidak relevan karena terlalu pendek.

“Masa jabatan 6 tahun belum cukup untuk memulihkan kondusifitas masyarakat. Jadi dibutuhkan waktu yang sangat panjang,” pungkas Kades Kalirong. ***

Editor: Fitroh Kurniadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X