• Minggu, 24 September 2023

Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang Tambah Layanan Konsultasi Melalui Metaverse

- Rabu, 28 Desember 2022 | 21:49 WIB
Soft opening Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang.
Soft opening Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Setelah dibangun, Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Lumajang kini memiliki gedung 4 lantai dengan sejumlah layanan dan fasilitas yang ditambah.

Diantaranya ruang IGD, kamar operasi, forensik, ESWL, hemodialisa, rawat inap dan rawat jalan, ruang staff hingga ruang aula.

Kabiddokkes Polda Jatim, Kombes Polisi dr. Erwin Zainul Hakim menyampaikan, rumah sakit ini telah menerapkan sistem digitalisasi, salahsatunya dengan menggunakan Metaverse.

Teknologi ini berfungsi memvisualisasikan kehidupan dalam bentuk dunia maya. Yang mana di dalam alat itu ada virtual reality dalam bentuk kartun.

Melalui Metaverse, pasien yang lokasinya jauh bisa konsultasi seolah bertemu langsung dengan dokter yang menangani. Di dunia virtual itu, dokter bisa memberikan arahan atau terapi dari jarak jauh.

Menurutnya, saat ini tidak banyak rumah sakit yang telah memiliki alat Metaverse.

"Alat ini bisa untuk penanganan kasus KDRT, sehingga pasien bisa konsultasi tanpa harus bertemu. Jadi privasinya tetap terjaga, dan alat ini bisa digunakan untuk pengembangan lain," tutur Erwin kepada jatimhariini.co.id saat melakukan soft opening RSB Lumajang, Rabu (28/12/2022).

Fasilitas berikutnya yaitu ESWL atau tindakan pemecahan batu ginjal dengan gelombang kejut tanpa luka operasi, dengan menggunakan alat elektronik sound.

Ia berharap dengan adanya pelayanan yang lebih bagus ini, kedepannya RSB Lumajang bisa naik tingkat dan menjadi rumah sakit tipe B atau tingkat II.

Saat ini, RSB Lumajang bisa menampung sekitar 140 pasien, yang sebelumnya hanya 120 bed. Penambahan ruang operasi menjadi 3, dan pelayanan cuci darah.

"Ada penambahan ruang VIP sebanyak 20. Dengan fasilitas yang bagus ini, bisa memberikan layanan terbaik untuk internal polri, masyarakat Lumajang dan sekitarnya," tandasnya. (rus/fit)

Editor: Fitroh Kurniadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Unik Kabupaten Lumajang

Rabu, 20 September 2023 | 15:42 WIB
X