Ikuti Webinar Bersama Kemendagri, Pemkot Kediri Dukung Penyelenggaraan Pemilu 2024 Berkualitas

- Rabu, 31 Mei 2023 | 21:39 WIB
Webinar bersama Kemendagri RI.
Webinar bersama Kemendagri RI.

Kediri, Jatim Hari Ini - Dalam rangka mendorong keterlibatan semua pihak, khususnya organisasi masyarakat kepemudaan untuk berperan aktif mensukseskan penyelenggaraan pemilu 2024, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri menggelar webinar, Rabu (31/5/2023).

Webinar mengusung tema "Peran Organisasi Kemasyarakatan Kepemudaan dalam meningkatkan partisipasi politik untuk mewujudkan pemilu berkualitas tahun 2024".

Sebanyak 1000 peserta dari pemerintah provinsi, pemerintah daerah serta organisasi kemasyarakatan di bidang kepemudaan bergabung dalam webinar tersebut.

Baca Juga: Menuju Zero Stunting, DP3AP2KB Kota Kediri Audit Kasus Stunting

Dirjen Politik dan PUM Kemendagri, Bahtiar dalam kesempatan tersebut menuturkan ormas kepemudaan diharapkan dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan pemilu dengan memberikan pendidikan politik, sebagai kontrol sosial dan menggugah kesadaran politik di masyarakat.

“Ormas kepemudaan dilibatkan karena memiliki fungsi dan tugas yang bersinergi serta sebagai salah satu komponen utama dalam pilar demokrasi di Indonesia disamping partai politik dan pers,” ujarnya.

Untuk menciptakan proses dan hasil pemilu yang berkualitas dan baik sesuai dengan harapan dan cita-cita yang dikehendaki, Kemendagri dan pemerintah daerah memiliki kewajiban berkontribusi dan memberikan dukungan dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

“Karena ini pekerjaan besar, oleh karena itu kontribusi semua pihak dilibatkan dalam webinar ini. Bentuk dukungan tersebut salah satunya dengan menggerakkan partisipasi publik atau membangun ekosistem yang sehat,” jelasnya.

Menanggapi webinar tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Apip Permana mengatakan sesuai data dari Komisioner Bawaslu, Pemilu di tahun 2024 lebih didominasi oleh pemuda dengan prosentase sebesar 60%.

Baca Juga: 7 Pelaku Judi Online Dibekuk Unit Reskrim Polsek Ngadiluwih Kediri

Dengan demikian ormas kepemudaan menurutnya memiliki peran penting untuk meningkatkan partisipasi pemuda dalam penyelenggaraan pemilu.

“Bagaimana ormas kepemudaan bisa merangkul dan menggerakan para pemuda sehingga meningkatkan partisipasi pemuda dalam pemilu. Literasi politik juga penting diberikan kepada para pemilih muda agar mereka dapat turut aktif mengedukasi orang-orang disekitarnya,” tuturnya.

Apip melanjutkan, di tengah dinamika politik yang rentan penyebaran berita hoaks, disinformasi, dan misinformasi, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kominfo siap melakukan mitigasi risiko dengan memberikan informasi dan menyajikan konten yang positif dan akurat.

“Pengguna media sosial saat ini didominasi oleh generasi muda dan mereka akan turut meramaikan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang. Untuk itu, saya berpesan kepada para pemuda untuk lebih bijak bermedia sosial, tidak mudah percaya berita hoaks dan jangan men-share informasi yang belum jelas kebenarannya. Pastikan dulu informasi tersebut benar dan akurat sehingga tidak menimbulkan perpecahan di masyarakat,” pesannya.

Halaman:

Editor: Fitroh Kurniadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sidak, Puluhan Tahanan Polresta Kediri Jalani Tes Urine

Minggu, 17 September 2023 | 06:27 WIB
X