• Minggu, 24 September 2023

Bupati Trenggalek Bersama Gubernur Jawa Timur Tanam Mangrove di Pantai Cengkrong

- Minggu, 28 Mei 2023 | 21:51 WIB
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin), mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, untuk menanam mangrove di Pantai Cengkrong.
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin), mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, untuk menanam mangrove di Pantai Cengkrong.

Trenggalek, Jatim Hari Ini - Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin), mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, untuk menanam mangrove di Pantai Cengkrong, Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Sabtu (27/5/2023).

Kegiatan itu dalam rangka Festival Mangrove Jawa Timur ke-4. Mas Ipin mengapresiasi kunjungan Khofifah ke Trenggalek yang selalu menunjukkan komitmen terhadap pelestarian lingkungan.

“Burung bukan sembarang burung, burung indah burung kenari. Gubernur bukan sembarang gubernur, gubernur Khofifah bervisi lestari,” Mas Ipin melontarkan pantunnya saat sambutan.

Baca Juga: Hadiri Festival Mangrove Jawa Timur ke-4 di Trenggalek, Gubernur Jatim Ajak Sedekah Oksigen

Kunjungan pertama Khofifah terkait pelestarian lingkungan yaitu saat menanam pohon saat Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Trenggalek, Sabtu (10/12/2022).

Kunjungan kedua Khofifah, yaitu melakukan agenda penenggelaman terumbu karang di Pantai Mutiara. Sehingga, kegiatan menanam mangrove Pantai Cengkrong itu menjadi kunjungan Khofifah ketiga.

“Kunjungan Ibu Gubernur ke Trenggalek menunjukkan statement beliau, posisi beliau, visi beliau bahwa ekonomi dan ekologi harus tumbuh berkesinambungan,” ujar Mas Ipin.

Menurut Mas Ipin, geliat ekonomi dari ekosistem mangrove bisa memberi rezeki bagi masyarakat. Oleh karena itu, Mas Ipin mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Jadi nanti bersama-sama kita lanjutkan niat ibu gubernur. Kita jaga lingkungan kita, kita cinta lingkungan kita,” tegas Mas Ipin.

Baca Juga: Tujuh Tahun Berturut-turut, Pemkab Trenggalek Pertahankan Opini WTP

Dalam Festival Mangrove Jawa Timur ke-4 ini, Khofifah menekankan bahwa ekosistem mangrove menjadi salah satu ekosistem penting. Selain dari sisi ekologi, sisi ekonomi sangatlah penting.

Menurut Mas Ipin, di kawasan hutan mangrove cengkrong memiliki potensi ekonomi tanpa harus melakukan upaya ekstraksi. Sehingga, potensi ekonomi dari mangrove bisa dijalankan oleh masyarakat.

“Beliau tadi juga merasakan bagaimana rasanya di dermaga, keindahan jembatan JLS [Jalur Lintas Selatan] juga,” terang Mas Ipin.

Kegiatan Festival Mangrove Jawa Timur ke-4 dimulai dengan pelepasliaran udang, ikan, burung perkutut dan pleci. Dilanjutkan susur sungai untuk memantau vegetasi mangrove.

Halaman:

Editor: Fitroh Kurniadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X