Edarkan Uang Palsu, Warga Desa Wates Wetan  Lumajang Ditangkap Polisi Probolinggo

- Jumat, 24 Maret 2023 | 22:44 WIB
Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi
Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi

Probolinggo, Jatim Hari Ini - Peredaran uang palsu di wilayah Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo berhasil digagalkan oleh Polisi.

Uang palsu sebesar Rp. 20.466.000 dengan berbagai pecahan diamankan polisi.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, dalam kasus uang palsu ini telah diamankan seorang berinisial H (56),  asal Desa Wates Wetan, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

"Saat ini H masih menjalani proses pemeriksaan penyidik," katanya

Kasus uang palsu ini terungkap bermula laporan dari Hanifa (47), warga Desa Alaskandang, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo adanya peredaran uang palsu di pasar Besuk Agung 

Unit Reskrim Polsek Besuk bergerak cepat melakukan serangkaian proses penyelidikan dan mengarah ke seseorang sesuai ciri - ciri yang disampaikan korban.

Unit Reskrim di backup buru sergap Sat Reskrim Polres Probolinggo langsung mencari keberadaan pelaku dan berhasil diamankan.

"Sempat mau kabur, berkat kesigapan anggota pelaku berhasil ditangkap," ungkapnya

Saat dilakukan penggeledahan badan juga di mobilnya, ditemukan uang palsu pecahan Rp. 2 000, Rp. 5.000 Rp. 50.000 juga pecahan Rp. 100.000.

Saat diinterogasi pelaku mengaku uang palsu itu diproduksi sendiri di rumahnya menggunakan printer dan mesin fotocopy.


Akibat perbuatannya pelaku disangkakan pasal 36 dan Pasal 37 UURI  No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang," pungkasnya. (gas/tej)

Editor: Teguh Eko Januari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X