BNN Tes Urine Narapidana di Rutan Nganjuk, Termasuk Eks Bupati Nganjuk

- Kamis, 23 Februari 2023 | 16:15 WIB
eks Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat.
eks Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat.

Nganjuk, Jatim Hari Ini - Rumah tahanan negara (Rutan) Kelas IIB Kabupaten Nganjuk menggelar tes urine bagi seluruh staf Rutan dan para narapidana di aula Rutan, Kamis (23/02/2023).

Termasuk terpidana korupsi eks Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat juga ikut dites urine.

Penyelenggaraan tes urine ini melibatkan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk, Kepolisian, TNI dan Kejaksaan.

Dari hasil pengecekan 80 sampel urine staf Rutan dan napi, diketahui tidak ada satupun yang mengkonsumsi narkotika atau zat lain yang berbahaya (hasil tes urine negatif)

“Hasil tes urine langsung keluar dan alhamdulillah semua negative. Sesuai dengan harapan kita semua untuk membuat Rutan Kelas IIB Nganjuk zero narkotika,” jelas Kepala Rutan Kelas IIB Nganjuk Bambang Hendra Setyawan.

Untuk penyelenggaraan tes urine itu sendiri, merupakan langkah kongkrit Rutan Kelas IIB Nganjuk dalam melakukan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) juga menuju Rutan Nganjuk yang bersinar (bersih dari narkoba).

Lanjut Hendra, Sebelum melakukan tes urine, pihaknya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah kamar dimulai dari kamar no 31 (Kamar dari Eks Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat bersama ajudannya Reza).

"Dari semua kamar, tidak ditemukan adanya barang yang dapat dikategorikan melawan hukum, hanya saja barang - barang yang dilarang dalam aturan Rutan seperti sendok dan garpu yang terbuat dari stainless. Untuk kamar 31 yang kami amankan yaitu sendok stainless, alat cukur dan pemotong kuku," urai Hendra.

Hendra juga berharap, dari hasil sidak yang tidak ditemukan barang berupa narkoba maupun alat elektronik dan tes urine dengan hasil negatif dapat dipertahankan, hingga Rutan Nganjuk benar-benar menjadi Rutan yang bisa zero narkotika.

"Semoga hasil ini dapat dipertahankan terus sebagaimana komitmen kita bersama," tandasnya. ***

Editor: Fitroh Kurniadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X