November 2023 Bandara Kediri Siap Dites, Pemkab Kediri Siapkan Fasilitas Pendukung

- Selasa, 19 September 2023 | 19:30 WIB
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat melakukan pengecekan progres pembangunan Bandar Dhoho Kediri
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat melakukan pengecekan progres pembangunan Bandar Dhoho Kediri



Kabupaten Kediri, Jatim Hari Ini – Menjelang akhir tahun 2023 yang tinggal beberapa bulan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri terus melakukan pemantauan dan penyiapan perlengkapan untuk fasilitas pendukung Bandara Udara Internasional Dhoho Kediri.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Kediri, mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Kediri menyiapkan fasilitas pendukung di luar bandara, seperti mengawal proses pembebasan lahan jalan tol.

Baca Juga: Pelantikan 3 Calon Kepala OPD di Lumajang Diundur, Ini Alasanya

"Kami juga akan terus mencoba melakukan pengembangan site development di sekitar bandara," ujar Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri ini saat melakukan kunjungan di proyek bandara Kediri. Selasa (19/9/2023)

Selain itu, Mas Dhito juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah di sekitar Kabupaten Kediri untuk menyiapkan fasilitas pendukung di luar bandara.

Diantaranya seperti soal rambu petunjuk menuju arah bandara. Kendati pembangunan bandara berada di Kabupaten Kediri. Pemasangan rambu petunjuk itu tetap melibatkan daerah sekitar seperti Nganjuk, Tulungagung maupun Kota Kediri.

Baca Juga: Gerak Cepat Tim Damkar Sidoarjo, Usai Terima Laporan Warga Dari Call Center 112
“Kami kesini hadir untuk memberikan apa yang bisa kami lakukan. Kami siap mengkomunikasikan dengan beberapa kepala daerah lain," ucapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Kediri ini menmabahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kediri juga telah menyiapkan percepatan infrastruktur pelapis sekitar bandara.

“Hal ini penting dilakukan sebagai persiapan. Akses jalan pendukung penting, sehingga sebelum bandara beroperasi diharapkan akses jalan diharapkan juga siap. Untuk itu, pemkab juga terus berkomunikasi dengan pemerintah provinsi termasuk pemerintah daerah lain,” tambahnya.

Baca Juga: Turnamen Tarkam Kemenpora 2023 Digelar di Lapangan Gor Bung Karno Begadung Nganjuk
Sementara itu, Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDHI) Maksin Arisandi mengatakan capaian progres keseluruhan pembangunan bandara saat ini sudah 97, 04 persen.

Ditargetkan akhir Oktober 2023 semua item pembangunan terkait bandara telah selesai.

"Di November 2023, kami siap verifikasi, tes landing, tes take off maupun yang lain. Jadi semua kami tes di bulan November," ujar Maksin.

Baca Juga: Seleksi CASN 2023 Menggunakan Materai Elektronik, Simak Cara Pendaftaran Akun E-Materai di Laman SSCASN
Sekedar diketahui, Bandara Dhoho Kediri merupakan bandara pertama di Indonesia yang dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Yakni pembangunannya dilakukan oleh PT Gudang Garam melalui anak perusahaannya PT Surya Dhoho Investama (SDI).

Bandara Dhoho Kediri memiliki landas pacu 3.300 x 60 meter, apron commercial 548 x 141 meter, apron VIP 221 x 97 meter, empat taxiway, dan lahan parkir seluas 37.108 meter persegi.

Sedangkan disisi darat, bandara ini memiliki terminal penumpang seluas 18.000 meter persegi berkapasitas 1,5 juta penumpang per tahun.

Halaman:

Editor: Teguh Eko Januari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sidak, Puluhan Tahanan Polresta Kediri Jalani Tes Urine

Minggu, 17 September 2023 | 06:27 WIB
X